Friday, November 8, 2019

Ketahui Cara Ampuh Untuk Mengatasi Gusi Bengkak

Ketahui Cara Ampuh Untuk Mengatasi Gusi Bengkak


Gusi merupakan salah satu bagian mulut yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika gusi mengalami gangguan, biasanya aktivitas sehari - hari juga menjadi terganggu. Masalah atau gangguan yang sering terjadi pada gusi adalah gusi bengkak. Gusi bengkak harus segera dirawat untuk mencegah infeksinya menyebar hingga ke gigi. Hal ini karena ketika kita mengalami gusi bengkak, maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti sulit makan dan minum, serta mulut akan merasakan nyeri yang hebat. Untuk menangani gusi bengkak, anda diharuskan untuk pergi ke pusat kesehatan terdekat dan meminta pertolongan kepada dokter. Tetapi, dokter biasanya akan meminta anda untuk menunggu terlebih dahulu hingga rasa sakitnya mereda sebelum diobati.


Sebagai pertolongan pertama ketika mengalami gusi bengkak, anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini, yaitu :

1. Berkumur dengan air garam

Selain sering digunakan sebagai penyedap rasa, garam ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu dapat mengatasi masalah yang terjadi pada gigi dan mulut. Berkumur dengan air garam dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit dan meredakan bengkak yang terjadi pada gusi. Hal ini dikarenakan garam memiliki sifat dapat menyerap air, sehingga efektif membunuh bakteri jahat yang ada didalam mulut. Pelru diketahui, bakteri hanya tumbuh dilingkungan yang asam dan lembab. Oleh karena itu, ketika mulut anda dalam kondisi kering, maka bakteri tidak dapat bertahan hidup. Anda cukup melarutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Lalu, kumur - kumurlah secara merata selama beberapa detik, kemudian buang airnya.

2. Kompres dingin

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengatasi bengkak pada gusi adalah dengan melakukan kompres dingin. Untuk melakukan kompres dingin, anda memerlukan batu es sebagai media pendingin. Dinginnya suhu es batu, dapat membuat saraf pemicu nyeri disekitar area mulut menjadi mati rasa, sehingga dapat meredakan rasa sakit untuk sementara waktu. Selain itu, suhu dingin juga dapat merangsang pembuluh darah diwajah menyempit sehingga memperlambat aliran darah yang menuju pada area gusi yang bengkak. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak dan nyeri pada gusi.

3. Kunyit


Selain diolah menjadi jamu, ternyata kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya adalah anda harus memarut setengah ruas kunyit lalu campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Kemudian aduk sampai rata hingga membentuk krim kental. Gunakan ramuan ini sebagai pengganti pasta gigi setiap kali anda menggosok gigi. Senyawa curcumin yang ada didalam kunyit diketahui memiliki fungsi untuk melawan bakteri penyebab infeksi serta meredakan peradangan. 





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search